Metagenesis Tumbuhan Paku (Pteridophyta)


Alat perkembangbiakan tumbuhan paku yang utama adalah spora. Tumbuhan paku dapat berkembang biak secara aseksual dan seksual. Seperti pada tumbuhan lumut, daur perkembangbiakan tumbuhan paku juga mengalami pergiliran keturunan (metagenesis). Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan menggunakan rizom atau pertunasan dan secara seksual terjadi secara pergiliran keturunan antara dua generasi.

Pergiliran keturunan pada tumbuhan paku terjadi secara bergantian antara generasi sporofit dan generasi gametofit. Generasi sporofit adalah tumbuhan paku itu sendiri, yaitu tumbuhan paku (sporofit) yang menghasilkan spora. Tumbuhan paku (sporofit) dapat tumbuh dan bertunas melakukan perkembangbiakan secara aseksual. Spora yang dikeluarkan dari sporangium dan jatuh di tempat yang sesuai akan berkembang menjadi protalium. Generasi gametofit adalah Protalium yang akan menghasilkan sel kelamin jantan dan betina. . Protalium berumur lebih pendek dari pada sporofit. Protalium berbentuk seperti jantung, berwarna hijau, dan melekat pada subtratnya dengan rizoid.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat bagan dibawah ini.


Protalium akan berkembang menjadi anteridium dan arkegonium. Anteridium menghasilkan sperma, sedangkan arkegonium menghasilkan ovum. Pembuahan hanya berlangsung jika ada air. Peleburan sperma dan ovum menghasilkan zigot. Zigot akan tumbuh menjadi tumbuhan paku yang diploid. Tumbuhan paku dewasa akan menghasilkan spora. Spora akan tumbuh lagi menjadi protalium dan begitu seterusnya hingga berulang siklus pergiliran keturunan.



Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi biologi SMA dan soal biologi SMA. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

7 comments on Metagenesis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) :

Anonymous said... on 30 August 2012 at 06:02

thank's ya ino tentang tumbuhan pakunya :)]

Unknown said... on 4 March 2013 at 19:28

thanks banyak atas infonya min

alhamdulillah bisa nemu soalnya besok uts biolo ;;)) :D :)

Anonymous said... on 5 March 2013 at 17:14

thanks gan..... infonya sungguh menarik dan membantu sekali.... :)
;;)

Unknown said... on 22 August 2013 at 22:35

mkash bwat infonya...sannggatt mmbantu..

Anonymous said... on 3 November 2014 at 19:45

asik dapat jawaban nya,ada PR

Anonymous said... on 3 November 2014 at 19:50

;;) =)) : :)] X( :D

Unknown said... on 27 July 2017 at 19:50

Makasih banget info nya membantu banget !!

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.