Pengertian Dan Teori "Sel"


Apakah sel itu? Tentu kalian semua sudah pada tahu kan? Saya kira sel sudah diajarkan sejak SMP bahkan ada SD tertentu yang sudah di ajarkan tentang apa itu sel. Dulu kita mengenal sel sebagai “unit terkecil makhluk hidup”. Oke langsung saja. Ada beberapa ilmuan/ ahli/ master yang mampu mengartikan apa itu sel. Mari silahkan disimak ya………

  1. Robert Hooke : Yaitu pada saat mengamati gabus dan bahan tumbuhan lain di mikroskop. Ternyata terdapat ruang-ruang kecil seperti kotak. Kemudian ia menamakan kotak kotak kecil tersebut sebagai sel. Dan dikenal sebagai penemu sel.
  2. Felix Durjadin : Menemukan banyak sekali mikroorganisme yang tersusun dari satu sel. Dan bahan dari suatu makhluk yang hidup adalah sama.
  3. Purkinye : Seorang ahli fisiologi menemukan istilah “protoplasma” bagi zat hidup dari sel.
  4. Matthias Schleiden dan Theodor Schwann : Membuktikan bahwa semua makhluk hidup terdiri dari sel. Dengan kata lain “sel merupakan unit struktural makhluk hidup”
  5. Rudolf Virchow : Mengatakan bahwa sel berasal dari sel lainnya. Atau dikenal dengan istilah “omnis cellula cellula”
  6. August Weismann : Menyimpulkan bahwa sel yang ada saat ini dapat ditelusuri asal usulnya hingga makhluk hidup yang paling awal.

Dari pembahasan tersebut diatas apakah kalian sudah tau apakah sel itu sebenarnya? Ya…. Dari teori dari master master Biologi di atas di ketahui tentang sel. Yaitu …

  1. Sel merupakan unit dasar sruktural makluk hidup
  2. Sel merupakan unit fungsional makhluk hidup
  3. Sel berasaal dari sel lainnya.

Silahkan dipilih salah satu. Atu bisa di gabung menjadi demikian :

sel merupakan unit struktural, unit fungsional dan unit hereditas terkecil makhluk hidup”.

Demikian postingan saya tentang "Pengertian dan Teori Penemuan Sel" semoga bermanfaat. Postingan selanjutnya akan dibahas tentang "Struktur dan Fungsi Sel".

1 comments:

Unknown said... on 10 October 2012 at 19:50

;;)

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.