Aliran Energi


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu dari sub Bab Ekosistem selanjutnya yaitu Aliran energi.

Adanya peristiwa rantai makanan dan jaring-jaring makanan di dalam suatu ekosistem menyebabkan terjadinya perpindahan (aliran) energi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup lain. Perpindahan energi dari satu makhluk hidup lain yang melibatkan komponen biotik dan komponen abiotik disebut aliran energi.

Beberapa usaha telah dilakukan untuk mengukur aliran energi melalui rantai makanan. Salah satu yang paling mendalam adalah yang dilakukan oleh H.T. Odum pada ekosistem Sungai Silver Spring di Florida, AS.

Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut :

1.     Hasil bersih produsen 8.833 kkal/th.
2.     5465 kkal dari hasil bersih diurai oleh pengurai.
3.     Herbivora mengonsumsi 3.368 kkal/th.
4.     1890 kkal hilang melalui respirasi.
5.     Produktivitas herbivora 1.478 kkal (17% dari produktivitas bersih).
6.     Hanya 383 kkal yang dikonsumsi oleh konsumen sekunder, dan 316 kkal hilang melalui respirasi tinggal 67 kkal (4% dari produktivitas bersih produksi).
7.     Dari 67 kkal yang ada di konsumen sekunder 46 kkal hilang karena hancur (hanya 21 kkal yang sampai pada konsumen tersier). Selanjutnya 15 kkal digunakan untuk respirasi dan produktivitas bersihnya hanya sebesar 6 kkal.


Akhirnya, karena tidak ada lagi karnivor yang lebih tinggi, energi tersebut diteruskan ke pengurai. Dalam ekosistem senantiasa selalu ada aliran energi. Jika kita perhatikan dalam aliran energi ini ternyata sebagian besar energi dihamburkan kembali ke alam sekitar.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.



0 comments on Aliran Energi :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.