Kelas Arachnida


Arachnida merupakan salah satu dari Phylum Arthropoda. Arachnida mempunyai tubuh yang terbagi atas kepala yang menyatu dengan dada  (cephalothoraks) dan perut  (abdomen). Bagian abdomen terdiri dari beberapa segmen, kadang-kadang cephalothoraks  dan abdomen menyatu. Pada cephalotoraks terdapat sepasang   chelicera   (alat gerak pertama), sepasang pedipalpus (alat gerak ke dua) yang berbentuk capit, dan 4 pasang kaki. Arachnida tidak mempunyai antena. Kepala kecil, terdapat beberapa mata tunggal (oceli). Habitatnya di darat, bernapas dengan paru-paru buku. Mempunyai kaki empat pasang yang terdapat pada sefalotorak.

Pada ujung posterior abdomen, sebelah ventral anus terdapat sutera dan bermuara pada alat serupa pembuluh yang disebut spinneret. Makanannya berupa cairan tubuh hewan lain dan diisap melalui mulut dan esofagus. Jenis kelamin terpisah, fertilisasinya terjadi secara internal. Telur yang telah dibuahi diletakkan dalam kokon-kokon sutera yang dibawa ke mana-mana oleh hewan betina.
Contoh: kalajengking, laba-laba.

Kelas Arachnida dibagi menjadi 3 ordo, yaitu Scorpionida (kalajengking), Araneida (laba-laba), dan Acarina (kutu tungau atau caplak).

Scorpionida merupakan anggota Arthropoda darat yang   paling tua. Memiliki  pedipalpus yang berbentuk seperti catut yang besar, memiliki chelisera yang kecil, serta mempunyai sengat. Contohnya adalah  Scorpio  sp (Kalajengking).

Araneida merupakan anggota Arthropoda yang mampu membentuk sarang (jaring) dengan benang - benang sutera karena mempunyai spinneret.  Spinneret  merupakan  organ yang terdapat di depan anus. Araneida juga memiliki karapaks
dibagian anterior. Contohnya adalah  Argyope sp (laba-laba).

Sedangkan Acarina merupakan anggota Arthropoda yang ukuran tubuhnya kecil dan tidak bersegmen-segmen, serta abdomennya bersatu dengan cephalothoraks. Contoh Acarina adalah caplak (Dermacentor sp.)

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi dan soal biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.


0 comments on Kelas Arachnida :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.