Rantai Makanan Dan Jaring Jaring Makanan


Materi Biologi SMA kali akan dibahas tentang rantai makanan dan jaring jaring makanan. Berikut adalah penjelasannya.

1.    Rantai Makanan
Rantai makanan adalah proses perpindahan materi dan energi dari organisme pada suatu tingkat trofik ke tingkat trofi berikutnya dalam peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu yang berlangsung satu arah.
Tingkat trofi disini adalah tiap-tiap kedudukan dalam rantai makanan. Tingkat trofi pertama biasa ditempati oleh produsen dan detritus.

a.   Rantai makanan perumput
Rantai makanan perumput yaitu rantai makanan yang tingkat trofi pertamanya di tempati oleh produsen.
Contohnya adalah : Padi == > Tikus  == > Ular == > Elang

Pada contoh diatas tingkat trofi pertama di tempati oleh rumput (produsen), tingkat trofi kedua ditempati tikus (konsumen pertama), tingkat trofi ketiga ditempati Ular (konsumen kedua) dan tingkat trofi ketiga ditempati Elang (konsumen ke tiga).

b.   Rantai makanan detritus
Rantai makanan detritus merupakan rantai makanan yang tingkat trofi pertamanya ditempati oleh detritus.
Contohnya adalah : Kayu == > Rayap  == > Ayam == > Elang

Pada contoh rantai makanan di atas tingkat trofi pertamanya ditempati oleh kayu lapuk (detritus), tingkat trofi keduanya rayap (detritivor), tingkat trofi ketiga ditempati ayam (konsumen kedua), dan tingkat trofi keempat ditempati oleh elang (konsumen ketiga).

2.    Jaring Jaring Makanan
Dalam suatu ekosistem, rantai makanan dapat saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga dapat membentuk suatu jaring-jaring yang sangat kompleks. Keadaan inilah yang disebut dengan  jaring-jaring makanan.

Klik Untuk Memperbesar Gambar


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

1 comments:

j said... on 9 March 2016 at 19:24

mau tanya yaaaa
mengapa beberapa oraganisme dapat menempati tingkat trofik yang berbeda pada beberapa rantai makanan?

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.