Bioma Hutan Hujan Tropis


Bioma hutan hujan tropis merupakan bioma yang terdapat di wilayah khatulistiwa dengan temperature yang tinggi sekitar 25°C. Dengan demikian Indonesia juga mempunyai hutan hujan tropis karena Indonesia dilalui garis khatulistiwa.

Vegetasi dominan bioma ini adalah jenis pohon besar, berdaun lebar dan lebat, pohon penghasil kayu dan aktif melakukan fotosintesis, contohnya jati, meranti, konifer, dan keruing.

Bioma hutan hujan tropis juga terdapat beberapa liana (tumbuhan merambat) contohnya rotan dan epifit (anggrek). Tumbuhan dan hewan yang hidup di bioma ini paling beragam dibandingkan dengan tumbuhan dan hewan yang hidup di bioma-bioma lainnya. Hewan yang khas di bioma ini adalah harimau, badak, babi hutan, dan orangutan.

Ciri-ciri bioma hutan hujan tropis adalah :
1.     Curah hujan bioma hutan hujan tropis cukup tinggi, yatu sekitar 200-225 cm per tahun.
2.     Tumbuhannya tinggi dan rimbun membentuk tudung yang menyebabkan dasar hutan menjadi gelap dan basah.
3.     Tumbuhan khas, ialah liana dan epifit. Contoh liana adalah rotan sedangkan epifit adalah anggrek.

Contoh bioma hutan hujan tropis adalah hutan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua, amerika tengah dan Brasil.
Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

2 comments on Bioma Hutan Hujan Tropis :

Berbagi Kreativitas said... on 2 May 2012 at 01:27

Emang Indonesia banget ini sob. Tapi disayangkan untuk perkembangan diera sekarang ini, cuaca sudah tidak stabil dan banyak sekali faktor alam yang terkait rawan karena orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bagus blognya tetap semangat dan yang paing penting exis selalu

Rahul said... on 2 May 2012 at 01:53

@Berbagi Kreativitas
Iya gan betul.. Sampai2 lupa ini musim apa.
Tp si agan ni bisa aja.. Terlalu memuji.. Tp makasih kunjungannya...

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.