Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh


Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh terjadi jika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik. Ada kalanya sistem kekebalan tubuh ini bereaksi dengan molekul asing (antigen) dengan berlebihan. Beberapa contoh kelainan sistem kekebalan tubuh di antaranya adalah alergi, autoimunitas, dan AIDS.

1.    Alergi
Alergi merupakan respons sistem kekebalan tubuh yang hipersensitif untuk melawan antigen. Alergi dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya debu, bulu kucing, benang sari, dan makanan. Penyebab alergi disebut dengan  alergen.

Proses alergi dimulai ketika alergen masuk ke dalam tubuh. Ketika alergen masuk, antibodi IgE akan dibentuk seperti halnya sel memori B dan T. Antibodi yang dihasilkan akan berikatan dengan mastosit. Saat lgE mengikat alergen, mastosit akan melepaskan butir-butir halus yang disebut histamin. Efek dari pelepasan histamin tersebut dapat berupa bersin, hidung basah, dan mata berair.

Untuk lebih jelasnya, proses alergi terjadi sebagai berikut. Pertama, Alergen masuk ke aliran darah. Kedua, sel-sel B membentuk antibody. Ketiga, antibodi
menempel pada mastosit. Keempat, antibodi berikatan dengan antibody dan mastosit. Ke lima, histamin dilepaskan menyebabkan gejala alergi.

2.    Autoimunitas
Autoimunitas merupakan suatu keadaan sistem kekebalan tubuh membentuk antibodi untuk menyerang sel tubuh yang lain, memperlakukannya seolah-olah bukan bagian dari tubuh. Hal ini disebabkan oleh kesalahan limfosit T dalam mengingat antigen.

3.    AIDS
Acquired Immunodeficiency Syndrome  (AIDS), adalah penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus  (HIV). Gejala yang timbul pada penderita AIDS didahului dengan kelelahan, lemah, penurunan berat badan, demam, diare kronik, napas pendek, dan kelainan sel limfosit.

Virus HIV dapat ditularkan melalui transfusi darah, antara ibu penderita dan bayi yang dikandungnya, penggunaan jarum suntik, dan ditularkan secara seksual.



Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

0 comments on Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.