Macam-Macam Kekebalan Tubuh


Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ketika antigen masuk ke tubuh dan berhasil melewati pertahanan tubuh nonspesifik, maka secara otomatis yang akan menghalang antigen tersebut selanjutnya adalah pertahanan tubuh spesifik. Pertahanan tubuh spesifik ini yang nantinya akan berhasil menghabisi antigen dan kemudian akan membentuk antibody. Sehingga ketika suatu saat antigen tersebut kembali menyerang tubuh kita, maka kita sudah mempunyai antibody yang sebelumnya dan tubuh menjadi kebal (imun).

Ada beberapa macam kekebalan tubuh yang kita bahas dalam postingan ini yaitu :

1.    Kekebalan tubuh Aktif
Kekebalan tubuh aktif merupakan kekebalan tubuh yang diperoleh dari dalam tubuh, karena tubuh membuat antibodi sendiri. Kekebalan aktif terdiri dari dua bentuk, yaitu kekebalan aktif alami dan kekebalan aktif buatan.

Kekebalan tubuh aktif alami  merupakan kekebalan tubuh yang diperoleh setelah tubuh menderita penyakit dan kemudian sembuh. Jika penyakit yang sama menyerang, maka tubuh tidak akan terserang karena sebelumnya sudah membentuk antibody. Contoh kekebalan tubuh aktif alami: Penyakit cacar.

Kekebalan tubuh aktif buatan merupakan kekebalan tubuh dengan cara memasukkan dengan sengaja pathogen tertentu sehingga tubuh menjadi kebal. Perlu diketahui bahwa pathogen yang dimasukkan kedalam tubuh kita sudah dilemahkan sebelumnya. Cara seperti ini biasa disebut dengan vaksinasi. Contoh kekebalan tubuh aktif buatan adalah : Vaksinasi campak dan polio.

2.    Kekebalan Tubuh Pasif
Kekebalan tubuh pasif merupakan kekebalan yang diperoleh bukan dari  antibodi yang disintesis dalam tubuh, melainkan tinggal memakainya saja. Kekebalan tubuh pasif ini dapat terjadi secara alami maupun buatan.

Kekebalan tubuh pasif alami adalah kekebalan yang diperoleh bukan dari tubuhnya sendiri, melainkan dari tubuh orang lain. Contoh kekebalan pasif alami : Kekebalan bayi yang diperoleh dari ibunya yaitu melalui air susu ibu (ASI) yang diberikan pada bayi. ASI pertama mengandung kolostrum yang mana di dalam kolostrum terkandung berbagai macam antibodi ibu yang melindungi bayi dari penyakit. Meskipun hanya bertahan untuk beberapa minggu, namun cukup untuk bayi hingga sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan baik.

Kekebalan tubuh pasif buatan adalah kekebalan yang  diperoleh dari antibodi yang sudah jadi dan terlarut dalam serum. Contoh kekebalan tubuh pasif buatan : pemberian serum pada penyakit rabies dan tetanus.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.


1 comments:

Anonymous said... on 17 June 2013 at 04:19

You should avoid processed foods and replace them with foods that help raise your good cholesterol HDL
in for many who are facing some serious health and obesity issues.
Alfredo Jose Lecendo and colleagues at the Department of Health and American Association of
Acupuncture and Oriental Medicine. To really lose weight and somebody who is very physically active.


My webpage ... lemonade detox Diet recipe

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.