Equisetophyta (Paku Ekor Kuda)


Dalam materi biologi SMA sebelumnya, tentu kalian sudah dikenalkan mengenai Klasifikasi tumbuhan Paku (pteridophyta) secara umum bukan? Pada postingan ini saya akan menerangkan sedikit tentang salah satu klasifikasi tumbuhan paku (pteridophyta) khususnya Equisetophyta (Paku Ekor Kuda).

Divisi tumbuhan ini yang masih bertahan sampai saat ini hanya 15 spesies dari genus tunggal yang disebut ekor kuda (Equisetum debile), ditemukan di bumi belahan utara. Batangnya bercabang, berkarang, beruas-ruas, dan mengandung zat kersik .

Equisetum memiliki rizoma di bawah tanah tempat batang vertical akan muncul. Batang lurus berlubang memiliki ruas-ruas, dan pada ruas tersebut akan tumbuh daun atau batang kecil. Epidermis mengandung silika, yang menyebabkan tumbuhan tersebut mempunyai tekstur berpasir. Dahulu orang menggunakan batang ekor kuda sebagai alat penggosok.

Sporofil selalu berbeda dengan daun biasa, sporofil ini berbentuk perisai dengan sejumlah spora- ngium pada sisi bawahnya. Semua sporofil tersusun dan merupakan suatu badan berbentuk gada/kerucut pada ujung batang/ cabang. Protaliumnya berwarna hijau dan berkembang di luar spora.

Contohnya, Equisetum.


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi biologi SMA dan soal biologi SMA. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

0 comments on Equisetophyta (Paku Ekor Kuda) :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.