Ciri Ciri Makhluk Hidup


Banyak sekali jenis-jenis makhluk hidup di muka bumi ini. Contoh diantaranya adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Mulai dari bentuk ukuran, cara hidup dan lain sebagainya, akan tetapi makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang mutlak sehingga dikatakan sebagai makhluk hidup.
Lalu… Bagaimanakah ciri-ciri makhluk hidup itu?
A.    Bernapas
Setiap makhluk hidup pasti bernafas. Makhluk hidup bernafas dengan alat yang berbeda-beda. Sebagai contoh :
-      Manusia bernapas dengan paru-paru
-      Ikan bernapas dengan insang
-      Katak bernapas dengan kulit dan paru-paru
-      Belalang bernapas dengan trakea
-      Laba-laba bernapas dengan paru paru buku.
Dan masih banyak lainnya lagi.

B.    Memerlukan makanan
Setiap makhluk hidup pasti memerlukan makanan. Antara hewan dan tumbuhan memiliki perbedaan cara mendapatkan makanan.  Pada manusia kita membutuhkan makanan saat kita lapar. Makanan tersebut kita masukkan ke mulut dan langsung mengalami pencernaan secara otomatis oleh organ-organ pencarnaan. 
Lalu.. Bagaimana dengan tumbuhan? Tumbuhan memerlukan makanan berupa CO2 dan Air. Air diserap tumbuhan melalui akar sedangkan CO2 dapat di serap di udara melalui mulut daun/ stomata.

C.    Bergerak
Setiap makhluk hidup pasti bergerak. Kalau tidak bergerak pasti tidak hidup. Hewan bergerak dengan jelas sedangkan tumbuhan hanya bergerak sedikit dan hampir tidak diketahui.
Dibawah ini beberapa contoh alat gerak yang dimiliki oleh beberapa hewan:
-      Ikan bergerak dengan sirip dan ekor
-      Burung bergerak dengan kaki dan sayap
-      Katak bergerak dengan kaki berselaput
-      Paramaecium bergerak dengan rambut getar
-      Amoeba bergerak dengan kaki semu.
-       
D.    Peka terhadap rangsang
Setiap makhluk hidup agar bisa bertahan hidup, maka harus peka terhadap rangansang. Pada manusia hal ini di tunjukkan denagn adanya panca indra.

E.     Adaptasi
Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan dengan lingkungannya. Adaptasi berguna untu mempertahankan kehidupan.

F.     Tumbuh dan berkembang
Setiap makhluk hidup pasti tumbuh dan berkembang sesuai dengan umur makhluk hidup masing masing. Tumbuh berarti adanya pertambahan volume ukuran tubuh. Sedangkan berkembang dilihat dari kematangan fungsi organ-organ penyusun tubuh.

G.    Berkenmbang biak
Berkembang biak di maksudkan untuk meneruskan keturunan agar makhluk hidup tertentu tidak mengalami kepunahan.

Demikian sedikit ilmu yang bisa saya berikan. Mudah mudahan bermanfaat. Ilmu adalah anugrah terindah yang paling berharga.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi biologi SMA dan soal biologi SMA. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

0 comments on Ciri Ciri Makhluk Hidup :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.