Manfaat Kingdom Animalia (Dunia Hewan)

Kingdom animalia yang begitu berlimpah dan beraneka ragam di bumi ini tentu memiliki manfaat yang sangat banyak pula. Dari mulai Porifera hingga Mamalia, memiliki peran serta manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Pada Porifera, banyak organisme anggotanya yang memiliki peran bagi manusia yaitu :
1.     Sebagai alat pembersih badan (Spongia) ataupun mencuci barang, Contohnya adalah kelas Calcarea, Euspongia sp,
2.     Komoditas perdagagan, Contohnya adalah Spongilla sp.
3.     Secara umum Porifera merupakan Penyusun terumbu karang (koral) sehingga memiliki fungsi ekologis yang penting bagi ekosistem perairan laut.

Coelenterata juga merupakan penyusun terumbu  karang(koral) sehingga mempunyai fungsi ekologis. Karena keindahannya juga, dapat dimanfaatkan sebagai wisata bahari untuk mendatangkan devisa bagi Negara.

Mollusca banyak yang menguntungkan, di antaranya sebagai sumber makanan bergizi tinggi bagi kita, seperti cumi-cumi dan kerang yang kaya akan protein. Mollusca juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi seperti pada kerang penghasil mutiara.


Echinodermata merupakan hewan pemakan bangkai dan kotoran hewan di laut sehingga ia mempunyai peran sebagai pembersih lingkungan laut terutama pantai. Secara ekonomis ia hanya sedikit sekali manfaatnya bagi manusia. Beberapa jenis dapat digunakan sebagai bahan makanan, misalnya teripang, dan kerangka dari beberapa jenis Echinodermata dapat digunakan sebagai bahan hiasan.

Arthropoda memiliki peranan yang penting bagi kehidupan manusia. Beberapa dapat dijadikan sumber makanan bagi manusia, seperti udang dan kepiting. Kupu-kupu dan serangga lainnya pun sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerbukan pada tumbuhan. Ada juga lebah yang menghasilkan madu yang dapat dikonsumsi dan menjadi obat untuk tubuh kita.

Pada Vertebrata, mulai dari Pisces hingga Mammalia, sudah memiliki  manfaat yang jelas bagi manusia. Pisces merupakan sumber protein yang tinggi bagi manusia. Amphibia dan Reptilia juga memiliki peranan tersendiri dalam keseimbangan alam di bumi ini. Aves dan Mammalia sangat berguna untuk manusia karena dapat dimanfaatkan, baik telur maupun dagingnya.

Selain manfaat, ternyata ada beberapa kelompok dari kingdom animalia yang merugikan bagi manusia. Contohnya adalah beberapa jenis cacing yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi dan soal biologi SMP SMA REMBANG. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

1 comments:

Anonymous said... on 21 August 2013 at 17:17

:p :-0

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.