Phylum Coelenterata (Hewan Berongga)


Coelenterata berasal dari kata coelon yang artinya berongga dan enteron  yang artinya perut. Dengan demikian,  Coelenterata  dapat diartikan sebagai hewan perut berongga. Makanan masuk melalui mulut kemudian masuk ke perut. Rongga tubuh digunakan sebagai tempat pencernaan makanan dan sebagai alat pengedar sari makanan dan sisa makanan dikeluarkan.

Pernahkah kalian melihat “spongebob” yang sering menangkap ubur ubur? Nah ubur inilah merupakan salah satu dari contoh hewan berongga (coelenterata).

Ciri umum dari coelenterata adalah : bentuk tubuhnya yang simetris radial atau biradial, mempunyai 2 bentuk fase/ stadium hidup (yaitu polip dan medusa), dinding tubuhnya terdiri dari epidermis, gastrodermis da diantara 2 lapisan tersebut terdapat mesoglea yang berisi gellain dan sel sel saraf. Pada permukaan tubuh coelenterata terdapat cnidopblast, yang didalamnya terdapat nematocyst yang berfungsi untuk membelah diri dan untuk membantu menangkap makanan, bergerak atau melekat pada substrat.

Sebelum masuk ke klasifikasi coelenterata, kita bahas dulu apa yang di sebut dengan polip dan medusa.

Polip berbentuk silindris, bagian proksimal melekat, bagian distal memiliki mulut yang dilingkupi tentakel, berkoloni, serta gonad dapat eksternal dan dapat pula internal. Medusa berbentuk menyerupai payung atau lonceng dan bergerak bebar dengan tentakel menggantung di permukaannya. Ruang digesti berupa saluran radial, bercabang empat, dan bermuara di saluran sirkular. Gonad menggantung di saluran radial dan bermuara di saluran radial. Untuk lebih jelasnya perhatikan daur hidup Obelia sp dibawah ini.


Phylum Coelenterata di klasifikasikan menjadi 3 kelas yaitu : Kelas Hydrozoa, Kelas Scyphozoa dan Kelas Anthozoa.

Kelas Hydrozoa mempunyai karakteristik sebagai berikut. Sebagian besar hidup di laut, hanya sedikit hidup di air tawar, terdapat dalam bentuk polip dan medusa pada sebagian besar spesies, fase polip seringkali membentuk koloni. Contohnya adalah Hydra sp, Obelia sp, dan physalia sp.

Kelas Scypozoa mempunyai ciri ciri sebagai berikut. Semua hidup di laut, mempunyai bentuk dominan medusa, mempunyai tentakel yang mengandung sel penyengat dan mengeluarkan racun yang sangat gatal, jika tidak tahan kulit akan melepuh, diameter tubuh dapat mencapai 2 m. Contohnya adalah Aurelia aurita (Ubur-ubur).

Kelas Anthozoa mempunyai ciri ciri sebagai berikut. Hewan ini memiliki tubuh yang berbentuk seperti polip, tidak membentuk medusa, tidak bertangkai, terbungkus skeleton eksternal (karang), serta memiliki tentakel yang banyak dan tersusun di sekitar mulut. Mulut bermuara ke stomodaeum, dapat berkembang biak secara aseksual dan seksual. Contohnya, anemon dan hewan karang laut.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi dan soal biologi SMP SMA REMBANG. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.


8 comments on Phylum Coelenterata (Hewan Berongga) :

Anonymous said... on 15 May 2012 at 08:52

saya dapat link ini dari Y!A wew

Anonymous said... on 15 May 2012 at 08:53

:) oh akhirnya nyampe di blog satu ini

Anonymous said... on 15 May 2012 at 08:55

absting!

Anonymous said... on 15 May 2012 at 08:56

uh! situ siapa Anonymous juga wew

Anonymous said... on 15 May 2012 at 08:58

wew wew wew wew?? kurang kerjaan ini ~x(

Anonymous said... on 15 May 2012 at 08:59

=))

Rahul said... on 15 May 2012 at 12:10

Wah-wah-wah... ~x( Siapapun agan2 semua saya ucapkan terima kasih dah masuk sini.. Semoga bisa membantu mengatasi masalah agan2 semua...

Unknown said... on 1 October 2016 at 10:27

saya ingin bertanya, tolong jelaskan arti dari gambar obelia sp. ??

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.