Phylum Porifera (Hewan Berpori)


Materi Biologi SMP SMA Rembang Blog pada kali ini akan membahas tentang Porifera atau Hewan berpori. Apakah kalian tahu tentang apa yang di maksud hewan berpori? Yang jelas tokoh dalam kartun yang terkenal “Spongebob Squarepants” adalah salah satu contoh dari hewan berpori (porifera). Untuk lebih detailnya mari kita sama-sama mempelajari apa sebenarnya hewan berpori (porifera) itu.

Porifera berasal dari kata latin “phorus” yang berarti lubang, dan “ferre” yang artinya membawa atau mempunyai. Jadi Porifera adalah hewan yang mempunyai lubang/pori.  Pori-pori ini berfungsi sebagai tempat untuk masuknya air yang mengandung bahan makanan ke dalam tubuh. Rangka luar terdiri atas spikula yang tersusun dari zat kapur dan zat kersik. Hewan porifera ini merupakan salah satu hewan yang menyusun terumbu karang.

Sebagian besar hewan ini hidup di perairan laut, hanya sedikit sekali yang hidup di perairan tawar. Porifera tidak memiliki saraf atau otot, tetapi masing-masing sel dapat mengindera dan bereaksi terhadap perubahan lingkungan. Hewan berpori ini termasuk hewan multiseluler, tetapi belum mempunyai jaringan, organ, dan sistem organ.

Bentuk tubuh Porifera cukup bervariasi, ada yang berbentuk seperti jambangan, piala, terompet, dan ada juga yang bercabang-cabang seperti tumbuhan. Pada bagian tengah tubuhnya terdapat ruangan yang disebut  spongosel (paragaster) yang merupakan saluran air. Di bagian ujung atas tubuhnya terdapat lubang besar yang disebut  oskulum. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Lapisan terdalam tubuh Porifera dibangun oleh sel-sel leher (koanosit) yang mempunyai flagela. Sel-sel leher ini berfungsi untuk mencerna makanan. Porifera mempunyai suatu sistem sirkulasi air dengan tipe tertentu. Ada tiga tipe sistem saluran air, yaitu tipe ascon, sycon, dan leucon. untuk gambar system saluran air silahkan di lihat dibawah ini.
Porifera air tawar dapat berkembang dengan gemmula atau terbungkusnya sel-sel koanosit dengan kuat dan tebal. Keadaan ini merupakan bentuk pertahanan porifera  terhadap kekeringan. Jika air telah cukup, akan tumbuh lagi menjadi porifera baru.

Pembiakan secara generatif dilakukan dengan pembuahan antara ovum dan spermatozoid. Porifera termasuk hewan yang hermafrodit (berkelamin ganda). Hasil pembuahan berupa zigot yang akan berkembang menjadi larva bersilia. Karena bersilia, larva dapat bergerak bebas dan akhirnya akan menempel pada tempat tertentu dan kemudian tumbuh menjadi porifera baru.

Porifera diklasifikasikan menjadi 3 Kelas yaitu :
1.    Kelas Calcarea
2.    Hexactinellida
3.    Demospongiae

Kelas Calcarea mempunyai ciri ciri : Hidup di pantai yang dangkal, Bentuk tubuh sederhana, dan Kerangka tubuh terbuat dari bahan Kalsium Karbonat ( Ca CO3 ). Contoh kelas Calcarea adalah : Leucosolenia sp, Scypa sp (Sycon), dan Clathrina.

Kelas Hexactinellida mempunyai ciri ciri : Hidup dilaut yang dalam, Kerangka tubuh terbuat dari bahan silikat (zat kersik). Spikulanya berduri enam (hexaxon). Contoh kelas Hexactinellida adalah Pheronema sp., Euplectella aspergillum., Regadrella  sp.

Kelas Demospongia mempunyai ciri ciri : Sebagian besar hidup di air laut, tetapi ada yang hidup di air tawar (Family spongillidae), Kerangka tubuhnya terdiri atas bahan silikat atau sponging atau campuran. Contoh dari kelas ini adalah : Chondrosia sp, Microciona sp, Olynthus sp, Spongia sp, Halichondria sp, Phyllospongia sp dan euspongia sp.


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi dan soal biologi SMP SMA REMBANG. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

3 comments on Phylum Porifera (Hewan Berpori) :

Anonymous said... on 27 March 2013 16:06

Porifera menanggapi rangsang dengan cara apa?

Anonymous said... on 5 April 2013 00:18

geotorelxzp debt consolidation services
debt consolidation loan

Anonymous said... on 12 May 2013 16:34

You actually make it seem so easy with your presentation however
I to find this topic to be really one thing that I think I would never understand.

It sort of feels too complex and extremely wide for me.
I'm looking forward on your subsequent publish, I will attempt to get the hold of it!
credit card debts

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.