Tumbuhan Lumut (Bryophyta)


Tumbuhan lumut (Bryophyta) merupakan tumbuhan peralihan antara Thallophyta dan Cormophyta. Thallophyta adalah tumbuhan yang belum dapat dibedakan antara akar, batang dan daun. Sedangkan Cormophyta adalah tumbuhan yang sudah dapat dibedakan antara akar, batang dan daun. Bryophyta merupakan salah satu devisio dari kingdom plantae (dunia tumbuhan). Tumbuhan lumut (bryophyte juga dikenal dengan istilah tumbuhan perintis. Tumbuhan perintis artinya tumbuhan yang bisa membuka lahan hidup untuk organisme lain.

Dalam materi biologi SMA khususnya tumbuhan lumut (Bryophyta), berikut akan dijelaskan mengenai :
-       Ciri-ciri tumbuhan lumut (Bryophyta)
-       Reproduksi tumbuhan lumut (Bryophyta)
-       Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
-       Manfaat tumbuhan lumut (Bryophyta)

1.    Ciri-ciri tumbuhan lumut (Bryophyta)
Lumut mempunyai beberapa ciri yaitu :
  • Mempunyai lapisan pelindung (kutikula dan gametangia)
  • Sudah memiliki buluh-buluh halus semacam akar yang disebut rizoid.
  • Sudah memiliki klorofil sehingga besifat autotrof
  • Batang belum mempunyai pembuluh angkut (xylem dan floem)
  • Terdapat gametangium (alat kelamin) yaitu antheridium dan arkegonium. Antheridium adalah alat kelamin jantang yang menghasilkan spermatozoid, sedangkan arkegonium adalah alat kelamin betina yang menghasilkan sel telur (ovum).

2.    Reproduksi tumbuhan lumut (Bryophyta)
Tumbuhan lumut (Bryophyta) berkembang biak secara vegetative dan generative. Kedua perkembangbiakan tersebut berlangsung silih berganti sehingga terjadi pergiliran keturunan (metagenesis). Untuk pergiliran keturunan (metagenesis) tumbuhan lumut  silahkan klik disini.

3.    Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
Klasifikasi adalah pengelompokan makhluk hidup. Dalam materi biologi SMA,  tumbuhan lumut dibagi menjadi 3 kelompok yaitu :
  • Kelas Hepaticopsida (Lumut hati). Contoh lumut hati yang terkenal adalah Marchantia dan Riccia. Ingin tau lebih lanjut tentang Lumut Hati? Silahkan Klik disini!
  • Kelas Anthoceropsida (Lumut tanduk). Contoh lumut tanduk adalah Anthoceros dan Nothotulus. Ingin tau lebih lanjut tentang lumut tanduk? Silahkan Klik disini!
  • Kelas Bryopsida (Lumut sejati atau Lumut daun). Contoh lumut daun adalah : Sphagnum, Funaria, Pogonatum, Polytrichum dan Andraea. Ingin tau lebih lanjut tentang lumut Daun? Silahkan Klik disini!

4.    Manfaat tumbuhan lumut (Bryophyta)
Beberapa manfaat dari tumbuhan lumut yaitu :
  • Sebagai media tanaman (pengganti ijuk) : Lumut daun
  • Dapat mencegah erosi : Lumut secara umum
  • Sebagai obat penyakit hati : Marchantia sp
  • Sebagai bahan pembalut, kapas dan sumber bahan bakar : Sphagnum


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi biologi SMA dan soal biologi SMA. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

0 comments on Tumbuhan Lumut (Bryophyta) :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.