Bioma Gurun


Bioma gurun merupakan bioma yang terletak dibelahan bumi sekitar 20°-30° lintang utara dan lintang selatan atau di daerah tropika yang berbatasan dengan bioma padang rumput.

Vegetasi dominan pembentuk bioma gurun adalah kaktus, sukulen, dan berbagai belukar akasia yang berduri. Sedangkan hewan yang hidup di bioma ini umumnya aktif pada malam hari atau nocturnal misalnya serangga, hewan pengerat, ulat dan kadal. Hal tersebut merupakan adaptasi terhadap suhu lingkungan yang sangat panas dan untuk mengurangi kehilangan cairan tubuh.

Ciri-ciri bioma gurun adalah :
1.     Daerah gersang dengan curah hujan yang  rendah, yaitu antara 20-25 cm per tahun.
2.     Suhu siang hari dapat mencapai 45° C pada musim panas dan penguapannya sangat tinggi.
3.     Perbedaan suhu antara siang hari dan malam hari yang sangat besar. Pada malam hari suhunya bisa mencapao 0° C.

Contoh bioma gurun adalah Gurun Sahara di Afrika, Gurun Gobi di Asia, Gurun Anzo Borrega di Amerika.



Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

0 comments on Bioma Gurun :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.