Bioma Padang Rumput (Savana)


Bioma padang rumput merupakan bioma yang terbentang dari daerah tropik sampai ke sub tropik.

Vegetasi dominan pada bioma ini adalah berbagai macam jenis rumput. Sistem perakaran rumput bercabang-cabang sehingga apabila terjadi kemarau bioma ini akan tetap berwarna hijau karena akarnya bercabang banyak di dalam tanah untuk mengambil air. Sedangkan hewan yang hidup di bioma ini adalah hewan-hewan yang bisa bertahan di kondisi padang rumput, hewan herbivore dan hewan karnivora. Hewan yang hidup di bioma padang rumput adalah bison, kuda, jerapah, zebra, kanguru, ular, burung, harimau, dan singa.

Ciri-ciri bioma padang rumput adalah sebagai berikut :
1.     Curah hujan antara 25-50 cm per tahun dan hujan turun tidak teratur.
2.     Porositas (peresapan air) tinggi dan drainase (aliran air) cepat.
3.     Vegetasi yang mendominasi adalah rerumputan.

Contoh bioma padang rumput antara lain bioma yang terdapat di Amerika Utara, Rusia, Afrika Selatan, Asia dan Indonesia (Sumbawa-NTB).
Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

1 comments:

Endi Dwi Wijaya said... on 16 July 2012 at 15:45

trimaksichhhhhh :D

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.