Bioma Hutan Gugur


Bioma hutan gugur umumnya terdapat di sekitar wilayah subtropik yang mengalami pergantian musim panas dan dingin. Akan tetapi ada juga hutan gugur juga terdapat diberbagai pegunungan di daerah tropis.

Vegetasi dominan pada bioma hutan gugur adalah pohon-pohon berdaun lebar yang bisa menggugurkan daunnya pada musim gugur (didaerah subtropik) dan musim panas (didaerah tropis). Contoh vegetasinya yaitu Maple, Oak, Beech, dan Elm. Hewan yang menghuni bioma ini pada umumnya adalah Rusa, Beruang, Raccon, Rubah, Bajing, dan Burung Pelatuk. Beberapa hewan pada bioma ini dapat melakukan hibernasi, yaitu tidur panjang selama musim dingin dengan terlebih dahulu mengonsumsi banyak makanan.

Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah :
1.     Hujan merata sepanjang tahun dengan curah hujan sedang, yaitu 75 -150 cm per tahun.
2.     Terdapat di daerah yang mengalami empat musim (dingin, semi, panas, dan gugur).
3.     Jenis pohonnya sedikit dan tidak terlalu rapat.

Contoh bioma hutan gugur adalah bioma yang ada di Kanada, Amerika Serikat, Eropa dan Asia Timur.



Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

1 comments:

Hasbullah Marwan said... on 25 August 2014 at 20:10

makasih yah materinya :D

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.