Interaksi Antar Komponen Ekosistem


Komponen ekosistem selalu berhubungan dan berinteraksi menurut dinamika tertentu.  Interaksi antarkomponen ekologi dapat merupakan interaksi antarindividu, antarpopulasi, dan antara komponen biotik dan komponen abiotik.

1.    Interaksi antarindividu
Interaksi antarindividu merupakan interaksi antara individu satu dengan individu lainnya baik yang berspesies sama maupun dengan spesies yang berbeda. Interaksi antarindividu terjadi karena setiap individu saling berkompetisi untuk mendapatkan makanan, pertahanan diri, tempat tinggal serta untuk melakukan perkawinan.
Contoh interaaksi antarindividu adalah seekor kupu kupu mengisap madu pada bunga tertentu.

2.    Interaksi antarpopulasi
Interaksi antapopulasi merupakan interaksi antar populasi dalam suatu komunitas. Interaksi antarpopulasi dapat membentuk hubungan sebagai berikut.
a)   Kompetisi, merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Contoh kompetisi adalah persaingan antara populasi kambing dengan populasi sapi di padang rumput.
b)   Predasi, yaitu hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh predasi adalah harimau dengan rusa, burung hantu dengan tikus.
c)   Simbiosis, merupakan hubungan yang erat antara dua organisme dari spesies yang berbeda yang hidup bersama. Ada beberapa macam bentuk simbiosis, yaitu :
-      Simbiosis mutualisme, merupakan simbiosis yang saling menguntungkan.
Contoh simbiosis mutualisme : Kupu kupu dengan bunga, Rhizobium pada bintil akar.
-      Simbiosis komensalisme, merupakan simbiosis yang mana spesies  yang satu mendapatkan untung sedangkan spesies yang lainnya tidak apa apa (tidak rugi tidak untung).
Contoh simbiosis komensalisme : Anggrek dengan pohon yang ditumpanginya.
-      Simbiosis parasitisme, merupakan simbiosis yang mana spesies yang satu mendapatkan untung sedangkan yang lainnya dirugikan.
Contoh simbiosis parasitisme : Plasmodium dengan manusia, Taenia saginata dengan sapi, dan benalu dengan pohon inang.

d)   Netralisme, merupakan hubungan antara dua spesies (dua populasi) yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan.
Contoh netralisme adalah capung dengan sapi, Kecoa dengan cecak.

3.    Interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik
Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem. Hubungan antara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi, di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta daur materi.
Contoh interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik adalah  penggunaan oksigen dengan untuk pernapasan.


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.



3 comments on Interaksi Antar Komponen Ekosistem :

.:mercon-free:. said... on 25 September 2012 at 18:45

membantu banget :D
makasih :D

Anonymous said... on 21 October 2012 at 08:29

.makasi Gan :D

Dicky said... on 18 September 2014 at 21:43

sangat bermanfaat artikelnya buat tugas sekolah nihh, hhe
kunjungi juga blog saya yahh
http://dickysahabat.blogspot.com

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.