Satuan Dalam Ekosistem


Dalam ekosistem, terdapat satuan-satuan makhluk hidup. Individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer yang merupakan satuan makhluk hidup dalam satu ekosistem.

1.    Individu
Individu adalah organisme tunggal yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Atau bisa disebutkan bahwa individu merupakan satuan fungsional terkecil penyusun ekosistem. Setiap individu melakukan proses hidup yang masing-masing berjalan terpisah dan berbeda dengan individu lainnya.
Contoh individu adalah seekor domba, seekor ayam, seekor burung, sebatang rumput dan sebatang pohon mangga. (pokoknya sebatang dan seekor == menunjukkan satu)

2.    Popolasi
Populasi adalah sekelompok individu sejenis (satu spesies) yang menempati suatu daerah pada waktu tertentu. Makhluk hidup dikatakan sejenis apabila mempunyai persamaan bentuk tubuh, dapat melakukan perkawinan, dan mampu menghasilkan keturunan yang fertil.
Contoh populasi adalah sekelompok ayam, 2 ekor domba, serumpun rumput dsb. (menunjuk angka 2 atau lebih).

3.    Komunitas
Komunitas  adalah sekumpulan berbagai macam populasi makhluk hidup yang hidup dalam suatu wilayah tertentu. Suatu komunitas tersusun dari semua populasi yang hidup dan saling berinteraksi antara satu dengan yang lain dalam
suatu wilayah dan waktu tertentu.
Contoh komunitas adalah komunitas kolam air tawar yang didalamnya terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, populasi ganggang hijau dan populasi katak yang mendiami kolam air tawar tersebut.

4.    Ekosistem
Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik.
Berdasarkan proses terjadinya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk karena pengaruh alam sekitar dan bukan karena campur tangan manusia, contohnya, sungai, laut, danau, hutan, dan gunung, sedangkan ekosistem buatan adalah ekosistem yang dibentuk oleh manusia, contohnya, kolam ikan, akuarium, waduk, dan sawah.

5.    Bioma
Bioma merupakan ekosistem dalam skala besar yang melibatkan iklim yang berinteraksi dengan keanekaragaman  makhluk hidup yang khas akibat perbedaan letak geografis.
Contoh bioma, antara lain: savana, stepa, gurun, dan padang rumput.

6.    Biosfer
Biosfer adalah merupakan tempat interaksi seluruh ekosistem di bumi. Biosfer meliputi semua lapisan kehidupan, dari  dasar laut yang dalam sampai lapisan udara di mana masih terdapat kehidupan. Biosfer merupakan kumpulan semua
komunitas dan ekosistem yang ada di planet bumi, meliputi semua bagian dari lapisan bumi paling atas, yaitu air, kulit bumi, dan  atmosfer.

Pada berbagai satuan dalam ekosistem terjadi berbagai macam interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Untuk interaksi antar komponen makhluk hidup akan dibahas pada sub bab berikutnya.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.



0 comments on Satuan Dalam Ekosistem :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.