Phylum Arthropoda (Hewan Berbuku Buku)


Meteri dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Salam bahagia buat pengunjung setia. Kali ini kita akan membahas salah satu phylum dari kingdom animalia yaitu Phylum Arthropoda.

Arthropoda berasal dari kata arthros yang berarti sendi atau ruas dan podos yang berarti kaki. Jadi, Arthropoda berarti hewan yang mempunyai kaki beruas-ruas. Atau biasa disebut hewan berbuku-buku. Dilihat dari jumlah spesies ataupun jumlah individunya, Arthropoda merupakan kelompok hewan yang mempunyai jumlah paling besar. Kelompok hewan ini dapat ditemukan hampir di semua habitat, yaitu di air, di darat, maupun di tanah.

Anggota Phylum Arthropoda tubuhnya berbuku-buku dan memiliki eksoskeleton. Tubuhnya dilapisi oleh epikutikula yang terdiri atas kitin hasil sekresi hipodermis. Tubuh dan kakinya terbagi menjadi segmen-segmen. Pergantian kulit terjadi dalam interval waktu tertentu. Sistem sarafnya terletak di ventral. Peredaran darahnya terbuka dan jantung terletak di dorsal.

Arthropoda telah memiliki alat pencernaan yang sempurna. Alat respirasinya berupa insang, trakea, paru-paru buku, atau permukaan tubuh. Ekskresi dengan menggunakan organ badan Malpighi atau nefridia. Untuk Arthropoda yang hidup di darat, alat pernapasannya berupa  paru-paru buku  atau  trakea,
sedangkan yang hidup di laut alat pernapasannya berupa  insang. Trakhea mempunyai muara berbentuk lubang yang disebut spirakel yang letaknya pada dinding ruas-ruas tubuh. Alat kelamin jantan dan betina terpisah pada masing-masing individu. Terdapat pula spesies yang mampu melakukan partenogenesis, yaitu sel telur yang mampu berkembang menjadi individu tanpa dibuahi.

Berdasarkan persamaan dan perbedaan struktur tubuhnya Arthropoda dibagi menjadi 4 kelas, yaitu Crustacea, Myriapoda, Arachnida, dan Insecta.

Karena Phylum Arthropoda penjelasannya lumayan banyak maka saya akan bahas per kelasnya. Berikut penjelasannya silahkan dibuka.
  1. Kelas Crustacea (Udang)
  2. Kelas Myriapoda (Luwing)
  3. Kelas Arachnida (Laba-Laba)
  4. Kelas Insecta (Serangga)


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang materi dan soal biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

3 comments on Phylum Arthropoda (Hewan Berbuku Buku) :

Anonymous said... on 20 May 2013 at 22:33

=))

Anonymous said... on 20 May 2013 at 22:35

:-o

Unknown said... on 1 June 2013 at 13:55

thanks :)

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.