Proses Pembentukan Ovum (Oogenesis)


Oogenesis terjadi di dalam ovarium. Ovarium mengandung banyak sel induk telur (oogonium)yang bersifat diploid (2n). Oogonium tersebut akan membelah secara mitosis menjadi oosit primer. Oosit primer akan membelah secara meiosis menjadi satu oosit sekunder  dan satu  badan polar primer. Kemudian, oosit sekunder membelah secara meiosis menjadi satu  ootid  dan satu  badan polar sekunder. Ootid akan mengalami pematangan menjadi sel telur (ovum), sedangkan badan polar sekunder akan luruh (degenerasi). Sel telur yang telah matang akan dilepaskan oleh ovarium. Pelepasan sel telur oleh ovarium disebut ovulasi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini. 

Klik gambar untuk memperbesar


Di dalam ovarium terdapat banyak folikel yang merupakan pelindung dan pemberi nutrisi bagi sel telur yang sedang dibentuk. Pada proses ovulasi, folikel akan mengeluarkan sel telur. Folikel yang telah mengeluarkan sel telurnya disebut  corpus luteum. Corpus luteum menyekresikan hormon estrogen dan progesteron.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

5 comments on Proses Pembentukan Ovum (Oogenesis) :

Anonymous said... on 8 November 2012 at 13:50

:))

vharra said... on 10 May 2013 at 12:47

thankz yya link ini membantu bgt dah .. :X :D

vharra said... on 10 May 2013 at 12:48

thankz yya link ini membantu bgt dah .. :X :D

meme said... on 8 September 2014 at 21:06

Makasij ini membantu bgi orang yang perlu:D

Unknown said... on 22 October 2014 at 11:50

TOP

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.