Proses Pembentukan Sperma (Spermatogenesis)


Tempat pembentukan sperma berada pada tubulus seminiferus di dalam testis. Proses pembentukan  sperma ini dinamakan spermatogenesis. Pada tubulus seminiferus terdapat dinding yang terlapisi oleh sel germinal primitif yang  meng alami  kekhususan. Sel  germinal ini disebut  spermatogonium. Setelah mengalami pematangan, spermatogonium memperbanyak diri sehingga membelah secara terus-menerus (mitosis). Berikut adalah Bagan proses pembentukan sperma. 


Pada fase awal spermatogenesis, spermatogonium bersifat  diploid (2n). Secara mitosis, spermatogonium akan berubah menjadi spermatosit primer (2n). Berikutnya, spermatosit primer membelah menjadi spermatosit sekunder secara meiosis (Meiosis I). Jumlah spermatosit sekunder ada dua, sama besar dan bersifat haploid (n). Melalui fase meiosis II, spermatosit sekunder membelah diri menjadi  empat spermatid yang sama bentuk dan ukurannya. Selanjutnya, spermatid berkembang menjadi sperma matang yang bersifat haploid (n). Setelah matang, sperma menuju saluran reproduksi yakni epididimis. Semua proses ini terjadi selama kurang lebih 17 hari. Sementara, energi yang digunakan untuk melakukan proses spermatogenesis berasal dari sel-sel sertoli.

Sperma yang sudah matang memiliki bagian-bagian seperti kepala, leher, bagian tengah, dan ekor. Bagian kepala sperma terlindungi suatu badan yang disebut akrosom. Bagian ini berinti haploid. Selain itu, badan ini juga mengandung  enzim hialurodinase dan proteinase. Enzim ini berfungsi saat proses penembusan lapisan sel telur. Pada bagian tengahnya terdapat mitokondria kecil yang berfungsi menyediakan energi untuk menggerakkan ekor sperma. Untuk lebih jelasnya silahkan diperhatikan gambar sperma berikut ini.



Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.


10 comments on Proses Pembentukan Sperma (Spermatogenesis) :

Anonymous said... on 25 July 2012 at 23:02

:x

Anonymous said... on 10 December 2012 at 17:17

:((

Anonymous said... on 1 June 2013 at 14:49

setan

Boy Julio Paonganan said... on 1 September 2013 at 13:05

Thanks Atas Infonya...............!!
:D

Unknown said... on 2 May 2016 at 19:57

:))

Anonymous said... on 6 December 2017 at 00:24

Iblis

Unknown said... on 25 May 2018 at 00:56

Sekarang aku ga tega buang buang sembarangan...terima kasih :)

Unknown said... on 20 September 2018 at 09:09

Makasih gan

Anonymous said... on 19 February 2019 at 12:50

afwan lebih baik tdk perlu memakai foto wanita dlm artikel krn bs jadi godaan bagi lelaki dn ad jg yg belum menutup aurat sesuai syariat hehe

Unknown said... on 6 May 2019 at 13:37

Trimakasih

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.