Ekosistem Estuari (Muara Sungai)


Ekosistem estuari merupakan ekosistem yang terdapat pada wilayah pertemuan antara sungai dan laut (muara sungai). Estuari sering dipagari oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam.

Ciri estuari adalah berair payau dengan salinitas antara diantara air laut dan air garam. Berdasarkan salinitasnya estuari dibedakan menjadi oligohalin  yang berkadar garam rendah (0.5-3%), mesohalin  berkadar garam sedang (3-17%), dan polihalin berkadar garam tinggi di atas 17%.

Vegetasi dalam ekosistem estuary di dominasi oleh tumbuhan bakau.  Hewan yang hidup pada ekosistem estuary ini adalah acing, kerang, kepiting, dan ikan. Bahkan ada beberapa invertebrata laut dan ikan laut yang menjadikan estuari sebagai tempat kawin atau bermigrasi untuk menuju habitat air tawar. Estuari juga merupakan tempat mencari makan bagi Vertebrata semiair, misalnya berbagai unggas air.

Contoh ekosistem Estuari adalah Hutan mangrove.



Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

0 comments on Ekosistem Estuari (Muara Sungai) :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.