Ekosistem Pantai


Ekosistem pantai terletak di zona litoral. Ekosistem pantai dipengaruhi oleh siklus harian pasang surut laut. Organisme yang hidup di pantai memiliki adaptasi struktural sehingga dapat melekat erat di substrat keras. Daerah paling atas pantai hanya terendam saat pasang naik tinggi. Daerah ini dihuni oleh beberapa jenis ganggang, molusca, dan remis. Ekosistem pantai dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu ekosistem pantai pasir dan ekosistem pantai batu.

1.    Ekosistem Pantai Pasir
Merupakan zona litoral yang terkena deburan ombak terus-menerus dan terpaan cahaya matahari selama 12 jam. Vegetasinya membentuk formasi prescaprae (terna) dan formasi baringtonia. Hewan pada ekosistem pantai pasir kebanyakan hidup di dalam pasir, misalnya kepiting kecil.

Pada formasi prescaprae didominasi oleh vegetasi  Ipomoea pescaprae (telapak kambing), Vigna, Spinifex littorius (rumput angin), Crinum asiaticum (bakung) dan Euphorbia atoto. Formasi baringtonia didominasi oleh vegetasi Borringtonia, Callophyllum, Hernandia, Hibiscus tiliaceus, Terminalia dan Erythrina.

2.    Ekosistem Pantai Batu
Ekosistem pantai batu merupakan daerah pantai yang memiliki air jernih dan berbatu. Daerah ini banyak dihuni hewan coelenterata, moluska, crustaceae dan tumbuhannya adalah alga bersel tunggal, alga hijau, dan alga merah.

Ekosistem pantai batu ini banyak terdapat di pantai barat Sumatra, Pantai selatan jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Maluku.



Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

2 comments on Ekosistem Pantai :

Gank-Zone Blog said... on 4 May 2012 at 14:50

Mantep sob postingnya. Makasih. Linknya udah dipasang balik.

Rahul said... on 4 May 2012 at 15:21

@Gank-Zone Blog: Sama-sama gan.. Jangan lupa klo maen ke pantai, liat hewan2nya..

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.