Limfosit B dan Limfosit T

Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai Limfosit B dan Limfosit T. Berikut penjelasannya.

1.    Limfosit B (Sel B)
Limfosit B merupakan bagian dari sel darah putih (Leukosit). Limfosit B ini terbentuk dan dimatangkan di sumsum tulang. Dalam sumsum tulang, limfosit B berdiferensiasi menjadi sel plasma dan sel limfosit B-Memori.

Sel plasma berfungsi bertugas menyekresikan antibodi kedalam cairan tubuh dan sel limfosit B-memori yang berfungsi menyimpan informasi antigen. Informasi ini disimpan dalam bentuk DNA yang dapat memproduksi antibodi yang cocok dengan antigen. Itu sebabnya kalau kita pernah menderita penyakit cacar, kita tidak akan terkena penyakit itu lagi karena limfosit B memori telah mengingat antigen tersebut.

2.    Limfosit T (Sel T)
Limfosit T dimatangkan di kelenjar timus. Di kelenjar timus, limfosit T juga berdiferensiasi menjadi  sel T sitotoksik (Killer), sel T penolong (helper), dan sel T supressor (penekan). Masing-masing dari ketiga jenis tersebut mempunyai tugas/ fungsi yang berbeda-beda.

Sel  T  sitotoksik (killer), berfungsi membunuh sel-sel yang terinfeksi, Sel ini dapat membunuh berbagai bibit penyakit, dan sel kanker. Sel T penekan mempunyai efek menstabilkan jumlah sel killer agar Sel killer tidak membunuh sel sel tubuh yang sehat. Sel T penolong (helper) membantu  zat antibodi dan sel B penghasil antibodi. Sel ini mengatur respons, kekebalan tubuh dengan cara mengenali dan mengaktifkan limfosit yang lain.

Baik limfosit B dan limfosit T akan masuk ke dalam sistem peredaran limfatik atau getah bening. Sel limfosit banyak terdapat pada sistem peredaran darah limfatik, sumsum tulang, kelenjar timus, kelenjar limfa, amandel (tonsil), darah, dan dalam sistem pencernaan. Perhatikan gambar berikut. 


Cara kerja sel T dengan sel B sebagai berikut.
1.     Antigen menginfeksi tubuh.
2.     Sel T mengenali antigen tersebut dan segera mengikatnya.
3.     Sel T sitotoksik atau pembunuh akan menghancurkan sel asing/antigen.
4.     Sel B di dalam organ-organ limfa mengeluarkan antibodi yang segera
5.     berinteraksi dengan antigen.


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

0 comments on Limfosit B dan Limfosit T :

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.