Pencemaran Udara/ Polusi Udara


Pencemaran udara/ polusi udara adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke udara oleh kegiatan manusia atau proses alam sehingga terjadi penurunan kualitas udara sampai tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak berfungsi sesuai dengan fungsinya.

1.    Sumber pencemaran udara/ Pulusi udara
Pencemaran udara/ polusi udara dapat disebabkan oleh gas dan partikel. Berikut adalah beberapa sumber yang menyebabkan pencemaran udara.

-      Asap dari cerobong pabrik, kendaraan bermotor, pembakaran atau kebakaran hutan, asap rokok, yang membebaskan CO dan CO2  ke udara.
-      Asap vulkanik dari aktivitas gunung berapi dan asap letusan gunung berapi yang menebarkan partikel-partikel debu ke udara.
-      Asap dari pembakaran batu bara pada pembangkit listrik atau pabrik yang membebaskan partikel, nitrogen oksida (NO dan NO2), dan sulfur oksida (SO dan SO2).
-      Chloro Fluoro Carbon (CFC) yang berasal dari kebocoran mesin pendingin ruangan, kulkas,  AC mobil.

2.    Dampak yang ditimbulkan
Pencemaran udara/ polusi udara mempunyai dampak yang negatif terhadap kehidupan. Karbon monoksida (CO) mampu berikatan dengan hemoglobin lebih kuat dibandingkan dengan oksigen. Pada saat konsentrasi gas CO dalam darah tinggi dapat menyebabkan kematian pada manusia.

Kadar CO2  yang tinggi di atmosfer dapat menyebabkan  efek rumah kaca. Mekanisme efek rumah kaca ini berasal dari panas matahari yang menembus lapisan atmosfer dan dipantulkan  ke bumi. Oleh karena kadar CO2  yang tinggi di atmosfer, panas matahari yang dipantulkan bumi terjebak di permukaan bumi. Akibatnya, suhu di dalam bumi meningkat. Jika keadaan tersebut terus berlangsung maka dampak jangka panjangnya adalah akan terjadi pemanasan global. Pemanasan global ini membuat gunung es di kutub selatan dan kutub utara mencair sehingga permukaan air laut naik.

Partikel-partikel debu yang berasal dari gunung meletus dapat menyebabkan gangguan dalam sistem pernafasan. Oksida belerang (SO, SOx) dan oksida nitrogen (NO, NOx) yang dibebaskan ke udara dapat bereaksi dengan uap air membentuk senyawa asam (asam sulfat, asam nitrat). Jika senyawa asam bersatu dengan uap air akan membentuk awan, lalu mengalami kondensasi dan presipitasi di udara dan akan turun sebagai hujan asam. Senyawa asam dalam air hujan menyebabkan kerusakan bangunan, korosi logam, memudarkan warna cat, menurunkan derajat keasaman tanah, bahkan menyebabkan kematian miroorganisme tanah.

Gas CFC yang dibebaskan ke udara akan menuju ke atmosfer kemudian akan mengikat ozon (O3). Kalau hal ini terjadi secara terus menerus maka akan terjadi penipisan lapisan ozon. Seperti yang kita tahu bahwa lapisan ozon merupakan lapisan yang berfungsi melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Jika sinar ultraviolet ini masuk ke bumi maka akan membahayakan kehidupan di bumi.

3.    Cara pencegahan dan penanggulangan
Untuk mengurangi kadar CO2 yang ada maka penghijauan dan rebosisasi adalah cara yang efektif. Selain itu bisa juga dengan membuat jalur hijau dikota-kota besar. Dengan adanya penghijauan maka CO2 akan diserap oleh tumbuhan yang digunakan untuk fotosintesis.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memasang penyaring udara pada cerobong asap pabrik untuk menyaring partikel-partikel yang bercampur asap agar tidak terbebas ke udara. Menetapkan kawasan industri yang jauh dari kawasan pemukiman warga, mengurangi pemakaian minyak bumi dan batu bara pada industri dan pembangkit listrik. Memanfaatkan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan, seperti energi biogas, energi surya dan energi panas bumi untuk menggantikan energi minyak bumi dan batu bara. Mengurangi penggunaan gas CFC juga penting.

Perlunya ketentuan hukum internasional yang mengikat bagi semua negara yang melakukan percobaan nuklir di kawasan terbuka. Pemberian sanksi yang tegas bagi negara yang melakukan pelanggaran diharapkan dapat mengurangi polusi radioaktif. Demikian juga pengawasan yang ketat pada reaktor nuklir dari bahaya radiasi dan kebocoran.


Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

6 comments on Pencemaran Udara/ Polusi Udara :

SR11 said... on 22 May 2012 05:45

Mantap ilmunya sob, kalo mau mendapat pagerank, Sering2 kasih komentar di blog lain. :)

Rahul said... on 22 May 2012 07:06

@SR11: Oke gan siap... Terimakasih infonya...

Nuim Hayat said... on 22 May 2012 10:43

o gitu pcemarannya..thanks gan..

Rahul said... on 22 May 2012 11:35

@Nuim Hayat: Yups seperti itu... Semoga membantu...

Gank-Zone Blog said... on 23 May 2012 09:31

dulu waktu kelas 11 saya belajar ttg polusi, tapi lupa lagi euy, . .

Rahul said... on 23 May 2012 09:43

@Gank-Zone Blog: Iya gpp gan... Yang penting jangan lupa untuk menjaga lingkungan sekitar... Masa depan bumi ada di tangan kita... :)

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.