Sistem Pertahanan Tubuh Non Spesifik


Sistem pertahanan tubuh non spesifik merupakan sistem pertahanan tubuh garis pertama yang ada dalam tubuh kita. Sistem pertahanan non spesifik ini tidak membedakan mikroorganisme patogen satu dengan yang lainnya. Patogen adalah mikroorganisme yang menyebabkan penyakit.

Sistem pertahanan tubuh non spesisfik ini bekerja pada saat ada suatu benda asing (antigen) yang masuk kedalam tubuh kita. Dalam hal ini biasa disebut infeksi yaitu masuknya organisme pathogen kedalam tubuh inangnya. Sistem pertahanan ini meliputi kulit dan membrane mukosa, Sel-sel fagosit, protein antimikroba.

  1. Kulit dan membrane Mukosa
  2. Sel-sel Fagosit
  3. Protein Antimikroba

Ketika tubuh terinfeksi oleh bakteri maka tubuh akan merespon dengan reaksi peradangan dan demam. Radang menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh infeksi. Radang ini bisa berupa bisul, bengkak dan radang.

Dengan adanya radang ini tubuh akan menjadi demam. Ketika demam suhu tubuh naik. Naiknya suhu tubuh ini disebabkan karena antigen dan sel-sel yang mati akan mengeluarkan zat pyrogen-exogen. Zat ini akan merangsang makrofag dan monosit mengeluarkan pyrogen-endogen yang akan merangsang hipotalamus untuk menaikkan suhu tubuh sehingga timbul perasaan dingin, menggigil, dan suhu tubuh yang meningkat.

Dengan suhu tubuh yang tinggi ini akan menguntungkan tubuh kita. Virus dan bakteri akan melemah dan mati pada suhu tinggi dan dengan suhu tinggi ini metabolisme sel-sel darah putih akan menjadi lebih aktif dan cepat sehingga mempercepat penyembuhan. Akan tetapi ada efek negatif dengan adanya panas ini
Yaitu kepala menjadi pusing, kejang bahkan bisa terjadi kerusakan otak.

Demikian saya ucapkan terima kasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan kasih komentar jika ada yang hal-hal yang ingin ditanyakan tentang Materi dan Soal Biologi SMP SMA Rembang. Atau contact saya di no HP. 085641467626. Atau via email di co.gaul86@gmail.com.

1 comments:

Anonymous said... on 16 June 2013 at 20:17

A fascinating discussion is definitely worth comment.

I think that you need to write more on this issue, it might not
be a taboo matter but typically folks don't discuss such issues. To the next! Many thanks!!

Also visit my web blog: Luminique Skin Care

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-*
: 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan masukkan komentar dan saran sesuai dengan postingan di atas. Untuk masalah di luar postingan di atas, silahkan tinggalkan pesan di buku tamu. Oke gan !! Atau yang maw bertanya seputar masalah biologi silahkan.